Skip to main content

5 Tips Praktis Belajar Ngeblog Untuk Pemula dan Mudah Dipahami

Tips Praktis ini adalah merupakan pengalaman pribadi saya saat belajar ngeblog untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, saya yakin kalau anda yang akan memulai belajar ngeblog pasti akan mudah untuk memahami. Ngeblog bukanlah hanya sekedar membuat artikel dan mempostingnya. Namun, ngeblog itu ibarat kita membuat sebuah group atau kelompok yang sangat membutuhkan orang lain.

5 Tips Praktis Belajar Ngeblog untuk pemula dan mudah dipahami
Blog/ - pexel.com
Banyak orang Yang membuat blog dengan asal buat tanpa membuat tahapan-tahapan. Oleh karena itu banyak blog yang tampilan dan kulitasnya kurang menarik. Kali ini saya akan membagikan tips praktis membuat blog untuk pemula agar kualitas blog yang di buat layaknya seorang profesional. Berikut tahapan-tahapan belajar ngeblog untuk pemula.

Tips Praktis Belajar Ngeblog Untuk Pemula

Nama Blog / URL

Nama blog atau url blog sangatlah penting dalam proses pembuatan blog, pasti semua orang yang akan membuat blog pasti akan Membuat url blog anda. Dan disini banyak orang memulai kesalahannya. Keslahan pertama yang dibuat adalah dalam membuat nama blog atau url blog tidak menggunakan keyword. Dan kebanyakan mereka menggunakan nama mereka bahkan nama panjang mereka yang di gunakan sebagai url blog. Padahal ini adalah kesalahan besar yang telah dibuat karena tidak semua orang mengetik nama anda dan mencarinya di google.

Jadi, alangkah baiknya jika anda menggunakan kata yang mengandung keyword seperti, merdeka.com kata merdeka sangat mudah dikenali dan banyak orang yang tahu dan mencarinya di google. Ada pengecualian, jika anda seorang motivator atau seorang konsultan. Maka akan lebih baik jika anda menggunakan nama anda sebagai url atau nama blog tersebut seperti, mario teguh karena ini juga akan menjadi sarana untuk memperkenalkan nama anda ke khalayak banyak.

Template Blog

Disini juga banyak orang yang melakukan kesalahan, banyak dari pemula dalam membuat blog menggunakan tampilan blog yang keren tanpa memikirkan dampak lainnya. Padahal jika template yang anda gunakan tidak responsif atau bahkan terlalu besar akan membuat loading menjadi lama dan akan banyak orang yang meng-cancel untuk berkunjung ke blog anda. Dan sebelum anda menggunakan template alangkah baiknya jika anda edit template itu terlebih dahulu.

Jadi, ketika blog anda sudah launching maka tidak akan banyak lagi ditemukan kesalahan. Kesalahan yang terjadi seperti hanya munxul gambar namun tidak ada deskripsinya dan sebaliknya. Dan hal-hal lainnya yang sepatutnya tidak ada atau tidak terjadi. Kalau saya pribadi lebih senang pakai template bawaan dari blogger.com atau wordpress. Karena template bawaan biasanya sudah responsif dan ringan dalam proses loadingnya. Bagaimana kalau anda?

Niche atau Tema Blog

Banyak orang membuat blog namun belum memikirkan apa yang akan di bahas di blog tersebut. Sehingga membuat blog yang isinya gado-gado semua ada disitu. Menurut saya itu kurang efektif karena akan mempersulit kita dalam menentukan keyword pada blog baik yang ada pada deskripsi maupun url atau nama blog.

Tujuan Pembuatan Blog

Sebaiknya sebelum anda membuat blog pikirkan terlebih dahulu tujuan anda membuat blog. Sehingga mempermudah kita dalam melakukan optimasi blog tersebut. Disamping itu selain mempermudah optimasi tujuan blog juga mempurmudah dalam kita mencari pembaca atau pengunjung blog. Jadi semua bisa lebih rapi dan yang pasti anda tidak akan terlalu repot.

Selalu Belajar dan Jangan Mudah Puas

Banyaka orang yang merasa mudah puas dan enggan belajar lagi. Padahal dalam dunia blogging setiap detik setiap jam setiap hari dan setiap bulan selalu ada hal yang baru yang harus anda pelajari. Karena pihak google selalu mengubah kebijakan untuk mengikuti zaman. Bagitupun dengan kita yang harus siap dengan perubahan yang selalu ada.


Sekian itu dia 5 tips praktis belajar ngeblog untuk pemula yang saya yakin kalu anda akan mudah memahaminya. Ngeblog itu adalah hal yang menyenangkan. Jadi, anda jangan pusing gara-gara blog. Setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Itulah dulu yang sering saya tanamkan pada saat akan memulai ngeblog. Terima kasih sudah berkunjung, berikan komentar anda untuk membangun blog ini menjadi lebih baik lagi.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis Artikel Untuk Blog

Insani media blog - menulis artikel adalah hal yang sangat menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. Namun, dalam menulis artikel untuk blog tidak semudah dengan menulis artikek untuk sebuah buku. Karena banyak hal yang harus diperhatikan dalam melakukan aktivitas menulis, tidak hanya kosakata yang diperhatikan, namun banyak faktor lain yang harus anda perhatikan juga. Apa saja kah itu? Berikut akan saya jelaskan hanya untuk anda. Menulis artikel/-insanimediablog Hal yang perlu diperhatikan saat menulis artikel untuk blog : 1. Konten / Isi Artikel

Tips Hebat Untuk Sukses Menjadi Mompreneur

Sukses menjadi mompreneur bukanlah hal yang mustahil untuk wanita. Menjalani kehidupan menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah apalagi kalau harus menjadi mompreneur. Semua akan berhasil jika anda dapat menjalankan kedua tugas tersebut dengan baik. Kali ini saya akan memberikan tips hebat untuk sukses menjadi mompreneur. Mompreneur/- pexel.com Berikan anak anda mainan yang dia sukai Hal pertama jika anda mempunyai seorang anak yang masih kecil agar tidak mengganggu aktivitas anda, maka belikanlaj mainan untuk anak anda. Selain anda dapat mengerjakan tugas anda, anda juga dapat mengawasi buah hati anda.

Berbagai Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet

Insani Media - Cara menghasilkan uang lewat internet pada era sekarang ini menjadi semakin mudah. Dengan berkembangnya dunia tekhnologi membuat banyak orang memfaatkanya untuk mempermudah urusannya, salah satunya urusan uang. Bagi anda yang baru akan memulai menggeluti dunia online ini, ada baiknya anda tahu bagaimana cara menghasilkan uang lewat internet dan apa saja yang harus anda lakukan. Freelance/- pexel.com Berikut berbagai macam cara menghasilkan unag lewat internet. 1. Desain Grafis Desain grafis merupakan salah satu cara paling mudah untuk menghasilkan uang lewat internet. anda dapat menawarkan jasa desain anda secara online maupun lewat kontes ataupun 1 to 1. jika anda menawarkan jasa anda melalui 1 to 1 maka anda harus mempunyai klien atau konsumen terlebih dahulu. akan sangat berbeda jika anda menggunakan jasa kontes desain, anda dapat ikut kontes desain di berbagai macam situs penyedia layanan tersebut, seperti : 99DESIGNS , DesignCrowd atau yang lokal