Skip to main content

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis Artikel Untuk Blog

Insani media blog - menulis artikel adalah hal yang sangat menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. Namun, dalam menulis artikel untuk blog tidak semudah dengan menulis artikek untuk sebuah buku. Karena banyak hal yang harus diperhatikan dalam melakukan aktivitas menulis, tidak hanya kosakata yang diperhatikan, namun banyak faktor lain yang harus anda perhatikan juga. Apa saja kah itu? Berikut akan saya jelaskan hanya untuk anda.
hal yang perlu diperhatikan saat menulis artikel untuk blog
Menulis artikel/-insanimediablog

Hal yang perlu diperhatikan saat menulis artikel untuk blog :

1. Konten / Isi Artikel

Dalam membuat sebuah artikel untuk blog kita diharuskan membuat artikel yang bermanfaat untuk orang lain. Karena artikel yang kita buat dapat dibaca oleh siapa saja termasuk oleh anak dibawah umur. Oleh karena itu, kita dituntut untuk membuat artikel yang bermanfaat untuk semua umur. Selain itu pihak google pun juga menerapkan syarat dan ketentuan yang sama pada isi konten. Kalau konten anda berisi sara dan sex dan hal buruk yang lain, maka bisa saja artikel anda akan deindex oleh google dan dianggap blog spam oleh google.

2. Kualitas SEO

Jika anda membuat artikel untuk sebuah buku atau hal lain semacamnya, maka anda tidak akan menerapkan seo dalam artikel anda. Karena hasil karya anda hanya dijual dalam bentuk buku. Sangat berbeda ketika anda membuat artikel untuk sebuah blog atau online, maka anda wajib menyertakan seo dalam artikel anda. Apa itu seo? Seo adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk optimasi sebuah artikel agar mudah untuk di index dan mendapatkan rangking  pertama dihasil pencarian google. Seo ada dua macam yaitu seo off page dan seo on page. Dalam hal ini yang perlu anda terapkan pada artikek anda adalah seo on-page.

3. Jumlah Kata Setiap Artikel

Dalam menulis artikel untuk blog jumlah kata yang digunakan pun harus menjadi hitungan anda.  Banyak sumber yang saya baca, kalau dalam menulis artikel untuk blog Jumlah minimal kata setiap artikel adalah 300 kata, dan untuk artikel yang mempunyai kualitas bagus bisa menggunakan 1500 kata setiap artikelnya. Walaupun menurut saya jumlah artikel tidak terlalu berpengaruh, yang terpenting isi konten dari artikel anda.

4. Gambar dan Optimasinya

Gambar adalah unsur penting dalam menulis artikel Untuk sebuah blog. Karena google juga dapat mengindex gambar dengan syarat yang harus anda penuhi. Syaratnya apa saja? Gampang sekali anda hanya perlu optimasi gambar tersebut dengan alt gambar. Hal itu akan membuat artikel pada blog anda menjadi lebih sempurna. Dan mudah lebih ter index oleh google.

5. Promosikan Blog Anda Yang Lain

Buatlah artikel anda bermanfaat untuk diri anda sendiri. Promosikan blog anda Melalui artikel yang anda buat. Taruhlah link blog anda yang lain kedalam artikel yang anda buat. Dengan begitu anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Baca juga : cara daftar google adsense agar diterima

Itulah hal yang sangat perlu anda perhatikan agar blog anda menjadi lebih ramai dan elegan. Artikel untuk blog bukanlah hanya sekedar menulis. Namun, pencurhan hati dan pikiran anda. Mudah-mudahan artikel saya kali ini akan sangat membantu anda dalam menulis artikel. Mohon review anda terhadap blog saya ini dengan cara berkomentar pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah berkunjung.

Comments

  1. ini yg perlu di lakukan nih :D

    ReplyDelete
  2. yang penting itu konten sama isi aetikelnya menurut saya :)

    ReplyDelete
  3. ane gak pernah ngasih alt gambar gan saat memposting ... apakah beresiko gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngk sih.. Cuma gambar tidak ikut ter-index mesin pencari..

      Delete
  4. klo artikel nya kurang dari 300 kata gmn gan..

    http://nurekapancadarmawan.blogspot.com/2016/04/cara-mendaftarkan-blog-ke-search-engine.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa ngk masalah.. Krn terkadang dari artikel saya yg kurang dari 300 kata bisa masuk page one juga..

      Delete
  5. alt gambar itu apamaksudnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai blogger, setelah add gambar klik gambar abis itu pilih yg yg ada disebelah add caption.

      Delete
  6. Mantap gan, jadi lebih berpikir sebelum menulis post :D

    ReplyDelete
  7. Apakah alt gambar itu penting? ane jarang pake alt kalo mosting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting ngk penting sih.. Kalau ingin gambarnya ikut ter-index alangkah baiknya pada gambar sekalian kasih altnya.. Biar membantu dalam index..

      Delete
  8. Waah sepertinya kualitas SEO adalah hal yang perlu saya perdalam lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt.. Karena seo dapat meningkatkan kualitas blog dihadapan mesin pencari.. Apalagi seo organic juga dapat membantu meningkatkan visitor blog..

      Delete
  9. Memang harus diperhatikan ya gan... karena itu semua faktor yang baik dalam membangun situs

    ReplyDelete
  10. Infonya cukup bermanfaat bagi saya yang baru belajar Ngeblog.
    Makasih
    Salam kenal

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Hebat Untuk Sukses Menjadi Mompreneur

Sukses menjadi mompreneur bukanlah hal yang mustahil untuk wanita. Menjalani kehidupan menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah apalagi kalau harus menjadi mompreneur. Semua akan berhasil jika anda dapat menjalankan kedua tugas tersebut dengan baik. Kali ini saya akan memberikan tips hebat untuk sukses menjadi mompreneur. Mompreneur/- pexel.com Berikan anak anda mainan yang dia sukai Hal pertama jika anda mempunyai seorang anak yang masih kecil agar tidak mengganggu aktivitas anda, maka belikanlaj mainan untuk anak anda. Selain anda dapat mengerjakan tugas anda, anda juga dapat mengawasi buah hati anda.

Berbagai Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet

Insani Media - Cara menghasilkan uang lewat internet pada era sekarang ini menjadi semakin mudah. Dengan berkembangnya dunia tekhnologi membuat banyak orang memfaatkanya untuk mempermudah urusannya, salah satunya urusan uang. Bagi anda yang baru akan memulai menggeluti dunia online ini, ada baiknya anda tahu bagaimana cara menghasilkan uang lewat internet dan apa saja yang harus anda lakukan. Freelance/- pexel.com Berikut berbagai macam cara menghasilkan unag lewat internet. 1. Desain Grafis Desain grafis merupakan salah satu cara paling mudah untuk menghasilkan uang lewat internet. anda dapat menawarkan jasa desain anda secara online maupun lewat kontes ataupun 1 to 1. jika anda menawarkan jasa anda melalui 1 to 1 maka anda harus mempunyai klien atau konsumen terlebih dahulu. akan sangat berbeda jika anda menggunakan jasa kontes desain, anda dapat ikut kontes desain di berbagai macam situs penyedia layanan tersebut, seperti : 99DESIGNS , DesignCrowd atau yang lokal